Pengoperasian Komputer
Pada mata kuliah akan membahas seputar pengoperasian komputer dasar
Algoritma Pemrograman
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pemahaman mengenai konsep dan teknik algoritma dalam pemrograman komputer. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan algoritma secara efektif untuk menyelesaikan berbagai permasalahan komputasi. Topik yang dibahas meliputi analisis masalah, perancangan algoritma, pseudocode, struktur data dasar, rekursi, serta teknik pengoptimalan. Mata kuliah ini juga mencakup praktik pemrograman menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk mengimplementasikan algoritma yang telah dirancang. Pada akhir mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan solusi algoritmik yang efisien dan efektif sesuai dengan kebutuhan spesifik dari masalah yang dihadapi.
Pemrograman Berorientasi Objek
Mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang konsep dan prinsip dasar dalam pemrograman berorientasi objek. Mata kuliah ini mencakup topik-topik seperti objek dan kelas, enkapsulasi, pewarisan, polimorfisme, dan abstraksi. Selain itu, mahasiswa akan diajarkan cara menerapkan konsep-konsep tersebut dalam merancang dan mengimplementasikan solusi perangkat lunak yang modular, efisien, dan dapat dipelihara.
Mahasiswa akan belajar menggunakan bahasa pemrograman berbasis objek seperti Java atau C++ untuk mengembangkan aplikasi. Selain itu, mata kuliah ini juga akan membahas pola desain (design patterns) yang umum digunakan dalam pengembangan perangkat lunak berorientasi objek dan bagaimana mengintegrasikannya dengan teknologi terkini. Pada akhir mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan aplikasi berbasis objek yang memenuhi kebutuhan fungsional dan non-fungsional, serta mampu bekerja dalam tim untuk menyelesaikan proyek perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak-PKM203
Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ini memberikan pemahaman mendalam mengenai prinsip, metodologi, dan praktik terbaik dalam pengembangan perangkat lunak. Mahasiswa akan mempelajari seluruh tahapan dalam siklus hidup perangkat lunak, mulai dari analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas manajemen proyek perangkat lunak, termasuk pengelolaan sumber daya, waktu, dan risiko. Dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE), mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan praktis dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengelola proyek perangkat lunak yang berkualitas tinggi, serta mengaplikasikan prinsip etika dan profesionalisme dalam bidang rekayasa perangkat lunak.
Struktur Data
Mata kuliah Struktur Data membahas konsep, prinsip, dan teknik yang digunakan dalam pengelolaan dan penyimpanan data secara efisien dalam berbagai struktur data. Materi yang diajarkan mencakup berbagai jenis struktur data seperti array, linked list, stack, queue, tree, dan graph, serta penerapan algoritma untuk operasi-operasi dasar seperti pencarian, penyortiran, penambahan, dan penghapusan data.
Mahasiswa akan belajar bagaimana memilih dan menerapkan struktur data yang sesuai untuk berbagai jenis permasalahan komputasi, serta menganalisis efisiensi algoritma yang terkait dengan penggunaan struktur data tersebut. Selain itu, mahasiswa juga akan dilatih untuk mengembangkan solusi yang efisien dan efektif dalam pemrograman dengan menggunakan struktur data, serta mengevaluasi kinerja dari solusi yang telah diimplementasikan.
Mata kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa bidang Pendidikan Komputer, karena pemahaman yang mendalam tentang struktur data merupakan dasar yang diperlukan untuk pengembangan perangkat lunak yang efisien dan berkinerja tinggi. Mata kuliah ini juga mendukung pembentukan kemampuan berpikir kritis dan analitis yang esensial dalam bidang ilmu komputer dan teknik informatika.
Rekayasa Perangkat Lunak-PVI414
Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ini memberikan pemahaman mendalam mengenai prinsip, metodologi, dan praktik terbaik dalam pengembangan perangkat lunak. Mahasiswa akan mempelajari seluruh tahapan dalam siklus hidup perangkat lunak, mulai dari analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas manajemen proyek perangkat lunak, termasuk pengelolaan sumber daya, waktu, dan risiko. Dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE), mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan praktis dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengelola proyek perangkat lunak yang berkualitas tinggi, serta mengaplikasikan prinsip etika dan profesionalisme dalam bidang rekayasa perangkat lunak.
Strategi Pembelajaran Komputer
Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan aplikasi strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam pendidikan komputer. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa di bidang komputer.