
metodologi penelitian MA2
Metodologi penelitian, terdiri dari dua kata, yaitu metodologi dan penelitian. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), metodologi adalah ilmu tentang metode; uraian tentang metode. Sedangkan penelitian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

P042405 - Manajemen Pemasaran MC1 (sabtu)
Manajemen pemasaran adalah proses yang meliputi analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program-program pemasaran. Tujuannya adalah untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan hubungan yang menguntungkan dengan target pasar
Manajemen pemasaran bertugas untuk memasarkan produk perusahaan, sehingga tercapai tingkat keuntungan jangka panjang perusahaan dan menjamin kelangsungan hidup serta pengembangan perusahaan.
Tujuan Manajemen Pemasaran
Berikut adalah beberapa tujuan manajemen pemasaran adalah sebagai berikut :
Menciptakan nilai bagi pelanggan
Tujuan utama manajemen pemasaran adalah menciptakan nilai bagi pelanggan. Hal ini dilakukan dengan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta menyediakan produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Meningkatkan penjualan
Tujuan manajemen pemasaran lainnya adalah meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan. Hal ini dilakukan dengan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, seperti promosi, iklan, dan penjualan langsung.
Meningkatkan pangsa pasar
Tujuan manajemen pemasaran selanjutnya adalah meningkatkan pangsa pasar perusahaan. Hal ini dilakukan dengan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

EMG221 - MANAJEMEN STRATEGI MC1 (sabtu)
Mata Kuliah Manajemen Strategik adalah ilmu mengenai perumusan, pelaksanaan dan evaluasi keputusan- keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya. dan manajemen Strategik merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa akan pengetahuan dan keterampilan dengan mengedepankan topik utama, meliputi Topik strategis pada manajemen baik perusahaan dan organisasi, matrik- matrik strategi, dan perkembangan dan penerapan manajemen strategi filosofi visi misi perusahaan.
Daftar Referensi 1. Fahmi, Irham. 2017, Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi, Bandung : Alfabeta 2. Taufiqurrakhman, 2016, Manajemen Strategik, Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilkmu Politik Universitas Prof. Dr Moestopo Beragama 3. Puji Suci, Rahayu, 2015, Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo : Zifatama Publisher. 4. Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik, Jakarta : Erlangga 5. Buku- Buku seputar : Manajemen Strategik

EMG221 - MANAJEMEN STRATEGI MB (sabtu, pkl 08.-09)
Mata Kuliah Manajemen Strategik adalah ilmu mengenai perumusan, pelaksanaan dan evaluasi keputusan- keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya. dan manajemen Strategik merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa akan pengetahuan dan keterampilan dengan mengedepankan topik utama, meliputi Topik strategis pada manajemen baik perusahaan dan organisasi, matrik- matrik strategi, dan perkembangan dan penerapan manajemen strategi filosofi visi misi perusahaan.
Daftar Referensi 1. Fahmi, Irham. 2017, Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi, Bandung : Alfabeta 2. Taufiqurrakhman, 2016, Manajemen Strategik, Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilkmu Politik Universitas Prof. Dr Moestopo Beragama 3. Puji Suci, Rahayu, 2015, Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo : Zifatama Publisher. 4. Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik, Jakarta : Erlangga 5. Buku- Buku seputar : Manajemen Strategik